Apa itu “encrypted_search_terms”? Kenapa Bisa Muncul? Berikut Penjelasannya :

Saya punya banyak blog dan web yang hampir kesemuanya itu menggunakan CMS WordPress. Hampir semua blog wordpress saya itu saya pasang WordPress Stats Plugin yang berfungsi untuk memonitor banyanya pengunjung tiap hari, Search term yang masuk, link refferer, outgoing link, dsb. Plugin ini sangat membantu saya dalam memantau pengunjung blog saya.

Sudah beberapa waktu ini saya agak bingung karena salah satu blog saya yang berbahasa inggris menampilkan hal yang janggal di Search Engine Term Stats pada plugin itu. Ada search term dari search engine yang nampak disamarkan hanya dengan keyword encrypted_search_terms. Saya penasaran kenapa bisa muncul keyword itu, karena keyword “encrypted_search_terms” yang paling banyak muncul pada Search term stats di WP stats plugin.

encripted_search_terms

encripted_search_terms

Setelah beberapa kali searching di web akhirnya saya mulai menemukan titik terang bahwa Google telah mulai mengenkripsi Search Term untuk penggunanya yang berarti setiap kali seorang pengguna melakukan pencarian Google.com untuk sesuatu dengan mode Pencarian Encrypted ON, maka Anda tidak akan dapat melihat kata kunci yang digunakan pengguna sebelum mendarat di situs / blog Anda.

Hal ini sesuai dengan postingan blog di mana Google mengumumkan fitur baru ini, ketika seseorang mencari dari https://encrypted.google.com, situs yang mereka kunjungi dari daftar pencarian organik masih akan mendeteksi bahwa mereka datang dari Google, tapi tidak akan menerima informasi tentang setiap permintaan mereka. Namun anda tidak perlu khawatir karena anda tetap dapat melihat 1.000 search query teratas untuk Web/blog anda dari Google Webmaster Tools.

Nah, sekarang udah tau kan apa itu “encrypted_search_terms” dan kenapa hal itu bisa muncul. Semoga artikel ini bermanfaat. Thanks for reading 🙂

7 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: