Beralih dari Bisnis Online ke Bisnis Offline, dari Barang Maya ke Barang Nyata

Saya pertama kali mengenal dunia bisnis online sudah sejak tahun 2009, waktu itu saya masih SMA kelas 3. Banyak jenis bisnis online yang saya coba geluti waktu itu, mulai dari main PTC (Paid to Click), sampai pasang iklan di blog (publisher). Namun sekian lama main PTC tidak kunjung ada hasil nya, hanya buang-buang waktu saja. Akhirnya saya fokus jadi publisher iklan di blog. Banyak vendor iklan yang saya gunakan, salah satu nya yang paling menjanjikan keuntungannya adalah Google Adsense. Karena sering berbuat curang, saya sering juga di suspend dari Adsense. Sudah banyak akun yang saya buat dan banyak juga yang kena suspend karena berbagai macam alasan.

Payment Google Adsense

Jenuh jadi publisher saya mencoba peruntungan di dunia jual beli, yakni jual beli link dan domain. Bisnis yang sangat menjanjikan menurut saya, karena waktu itu masih belum banyak saingan dan peminat nya juga banyak. Sampai pernah saya mendapat keuntungan ratusan dollar per bulan dari bisnis jual beli barang maya ini. Namun, lama kelamaan semakin banyak saingan akhirnya saya kalah saing dengan mereka yang punya waktu lebih banyak dan tools yang dasyat. Karena waktu itu saya lagi sibuk kuliah dan hanya bisa fokus menggeluti bisnis ini ketika malam hari saja. Dengan sempit nya waktu akhirnya saya berpikir untuk kembali fokus di dunia blogging dengan menjadi publisher lagi yang bisa mendapat passive income tanpa perlu membuang banyak waktu di depan laptop. Tapi lama kelamaan satu per satu blog saya tumbang kena suspend google. Masih untung hanya domain blog nya yang di suspend, bukan akun nya yang kena. Sampai sini saya sudah males mau mulai lagi. Udah bosen juga sih, jenuh rasanya karena google sekarang makin pintar dan susah untuk mengakalinya.

Akhirnya saya putuskan untuk mencoba beralih ke dunia bisnis offline. Dari yang dulunya jualan barang yang ga nyata (maya) saya coba untuk menjual barang yang benar-benar nyata. Walaupun bisnis offline, tetapi tetap tidak bisa lepas dari bantuan promosi online juga. Saya memanfaatkan social media, seperti Facebook dan Twitter untuk memasarkan produk saya. Sekarang pertanyaannya usaha apa sih yang digeluti? Produk apa sih yang dijual? Yah namanya juga masih coba-coba, jadi yang saya jual ya cuma barang yang ga begitu Wahh.. Cuma nyoba jualan kalender 2013 saja. Saya mencoba memanfaatkan momen pergantian tahun ini untuk mencari keuntungan, dengan cara inilah saya memulainya.

Kalender yang saya jual bukan kalender biasa, tapi kalender dengan desain unik yang berisi foto/gambar sendiri sesuai keinginan konsumen. Jadi di kalender 2013 itu ada 4 buah foto/gambar yang bisa diganti-ganti sesuai selera pemesan nya.

 

Saya juga menerima pembuatan kalender 2013 dengan desain sesuai keinginan pelanggan, seperti kalender 2013 klub bola Manchester United.

Walaupun baru mulai usaha, tapi alhamdulillah tak sedikit teman-teman yang tertarik dan memesan kalender ke saya. Alhamdulillah walaupun hasilnya tidak terlalu banyak, tapi saya senang dan puas bisa mendapatkan uang dengan jerih payah sendiri. Sebenarnya saya tidak terlalu memikirkan tentang keuntungannya, yang saya  pentingkan disini adalah pengalaman nya. Karena ini pertama kali nya saya terjun di dunia bisnis offline ini.

Kedepannya saya berencana memulai bisnis jualan kaos dan baju yang akan saya integrasikan di salah satu project web saya sebagai tempat promosi nya, selain juga memanfaatkan social media pastinya :). Semoga rencana saya nantinya bisa berjalan dengan baik dan sukses.. Amiin.

Bagi anda yang belum memulai usaha, segeralah bertobat dan mulailah usaha anda sendiri, mulai saja dari hal yang simple yang penting bisa menghasilkan uang. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, apalagi kalo dijalani dengan senang hati, pasti ga terasa tau-tau untung nya gede :D. Sabar dan terus berusaha, Insyaallah pasti akan ada hasilnya. Allah tidak akan menutup pintu rejeki orang yang mau berusaha 😉

Salam,

Rizky Agung Pratama

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: