Cara Membuat VPN Server dengan MikroTik

Beberapa waktu lalu saya pernah melakukan praktikum di lab kampus dengan menggunakan MikroTik, salah satunya Membuat VPN Server dengan MikroTik. Temen-temen pasti udah tau kan apa itu VPN dan apa fungsi serta manfaat kegunaanya bagi kita. Kalau belum tau, silakan baca artikel ini dulu : Apa itu VPN? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja VPN.

Dalam artikel ini saya akan sharing tentang bagaimana cara membuat VPN Server dengan MikroTik RB750 menggunakan protokol PPTP. Salah satu manfaatnya adalah kita bisa membuat koneksi VPN antara komputer ditempat kerja dengan komputer yang berada di rumah. Berikut gambar topologi jaringan yang saya gunakan:

Karena secara default MikroTik RB750 telah dikonfigurasi sebagai internet gateway, maka disini saya hanya tinggal menambahkan lagi beberapa setingan agar VPN Server dapat kita buat. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat VPN Server dengan MikroTik RB750 dengan menggunakan protokol PPTP.

  1. Matikan DHCP Client pada interface 0 (ether1-gateway)
    ip dhcp-client disable 0

  2. Berikan IP Address Public pada ether1-gateway
    ip address add address=121.212.12.12/29 interface=ether1-gateway
  3. Tambahkan IP Firewall Filter berikut:
    ip firewall filter add chain=input in-interface=ether1-gateway connection-state=new acction=accept

 

  • Buat IP Pool, untuk memberikan IP Address dinamic bagi client yang terhubung secara VPN.
    ip pool add name=vpn-pool ranges=10.10.10.2-10.10.10.5

 

 

  • Buat PPP Profile
    ppp profile add name=vpn-profile local-address=10.10.10.1 remote-address=vpn-pool
  • Buat PPP Secret
    ppp secret add name=user-vpn01 password=user-password01 service=pptp profile=vpn-profile
  • Enable PPTP Server
    interface pptp-server server set enable=yes

 

Membuat VPN Client di Windows XP

Setelah VPN Server di MikroTik RB750 berhasil kita buat, langkah selanjutnya adalah membuat VPN Client di komputer rumah kita. Disini saya akan menguraikan langkah2 membuat VPN Client di komputer yang menggunakan OS Windows XP.
  1. Buka Control Panel – klik icon Network Connections
  2. Klik Create a new connection – klik Next
  3. Pada jendela Network Connection Type, pilih Connect to the network at my workplace – klik Next
  4. Pada pilihan Create the following connection, pilih Virtual Private Network connection – klik Next
  5. Isi kolom Company Name, misalkan VPNKU – klik Next
  6. Pada jendela selanjutnya isikan alamat IP Address public dari MikroTik RB750 yang akan kita hubungi, yaitu 121.212.12.12
  7. Klik Next – klik Finish.
  8. Untuk mencoba VPN, double klik ikon VPNKU, pada jendela Connect VPNKU  isikan Username= user-vpn01 password= user-password01 seperti yang sudah dibuat sebelumnya.
  9. Apabila sudah terhubung akan ada notifikasi “VPNKU is now connected” dipojok kanan bawah monitor. Untuk melihat informasi status jaringan, double klik aja icon tersebut dan kita akan mendapatkan informasi kurang lebih seperti dibawah:
    status koneksi VPN
Sekarang komputer kita sudah terhubung dengan jaringan LAN yang menggunakan gateway MikroTik RB750, kita dapat melakukan transfer data, ngeprint ke printer sharring, meremote server dan lain sebagainya. Koneksi internet kita pun sudah menggunakan gateway MikroTik RB750, untuk mencobanya lakukan aja dengan perintah tracert google.com dan perhatikan bedanya antara sebelum konek ke VPN dan sesudah konek VPN.

Membuat VPN Client di Windows 7

Caranya sama mudahnya dengan di Windows XP, hanya ada beberapa perbedaan pada pilihan menu nya. Silakan masuk ke artikel berikut : Tutorial Cara Setting VPN di Windows 7

Demikianlah uraian singkat tentang bagimana cara membuat koneksi VPN menggunakan MikroTik RB750 ini semoga ada manfaatnya.

Referensi:
http://www.catatanteknisi.com/2011/06/membuat-vpn-dengan-mikrotik-rb750.html

Leave a Reply

%d bloggers like this: