Cara Menurunkan Inodes Hosgator

Logo Hostgator

HostGator

Bagi anda yang menggunakan jasa hosting di HostGator pasti tau atau paling tidak pernah melihat status Inodes pada Cpanel hosting masing-masing. Hostgator memang memberikan Unlimited Bandwidth dan unlimited disk Space pada tiap akun nya, namun ada satu yang membatasi hosting di hostgator yaitu inodes. Lalu apa maksud dari status Inodes tersebut? Apakah berpengaruh terhadap site kita yang di host disana? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita kenali dulu apa yang dimakud dengan inodes.

Apa itu Inodes?

Menurut Wikipedia, Inode itu :

Dalam komputer, inode adalah sebuah struktur data pada sistem file Unix bergaya tradisional seperti UFS.  Sebuah inode menyimpan informasi dasar tentang sebuah direktori, file biasa, atau objek file sistem lainnya.

Ketika sebuah file system terbentuk, akan terbentuk juga struktur data yang berisi informasi tentang file tersebut. Setiap file mempunyai sebuah inode dan diidentifikasi sebagai nomor inode dalam file sistem dimana file tersebut berada. Inode menyimpan informasi pada file seperti kepemilikan user dan grup, mode akses (read, write, execute permissions) dan jenis file. Pada jenis sistem file banyak jumlah inode yang tersedia cenderung tetap ketika filesystem terbentuk, dan memberikan jumlah maksimum file yang dapat ditahan sistem file. Biasanya ketika file sistem terbentuk, sekitar 1% dari itu dikhususkan untuk inode.

Istilah inode biasanya merujuk ke inode pada perangkat blok yang mengatur file biasa, direktori, dan mungkin link simbolik. Konsep ini sangat penting untuk pemulihan file sistem yang rusak.

Anda pasti bingung? Saya juga :D. Jadi logika nya gini :
Setiap kali file terbentuk atau di upload ke hosting kita, maka inodes juga akan terbentuk. Jadi, inodes itu menandakan jumlah file di akun webhosting kita. Sekarang sudah paham? Bagus..bagus.. 😀

Sesuai dengan penjelasan di atas, maka jumlah dan besar file yang ada di server hosting kita sangat berpengaruh terhadap tingginya rendah nya inodes. Jadi untuk mengurangi jumlah inodes pada akun HostGator anda, hapus beberapa file yang sekiranya tidak penting.

Akibat Inodes Terlalu Tinggi

Apa akibatnya jika inodes hosting kita terlalu tinggi? Pada dasarnya Hostgator memberikan toleransi inodes maksimal sampai 250.000 untuk akun baby croc. Namun jika sudah mencapai 50.000 maka file hosting anda akan dihapuskan dari sistem backup hostgator. Kemudian jika melebihi batas maksimal toleransi diatas, maka anda akan mendapat peringatan pertama. Jika setelah itu tidak ada tindakan dari anda untuk mengurangi tingginya inodes, maka sudah pasti akun anda akan di suspend alias di banned.

Serem kan? So, hal ini jangan sampai diabaikan. 🙂

Tips Menurunkan Inodes Hostgator

Berikut beberapa tips untuk mengurangi tingginya inodes pada hosting Hostgator :

  • Hapus semua file dan folder yang tidak diperlukan;
  • Hapus juga cache file yang tidak diperlukan (kadang beberapa aplikasi web membuat banyak duplikate cache);
  • E-mails – Usahakan untuk tidak menyimpan email yang sudah tidak penting di dalam inbox. (Anda bisa menggunakan email agent)

Saya sendiri sudah mencoba hal tersebut, dan memang sangat ampuh untuk menurunkan tingginya angka inodes pada hosting hosgator saya. Coba perhatikan gambar berikut.

inodes hostgator
Inodes HostGator sebelum mengikuti tips di atas

Gambar tersebut merupakan status inodes hostgator saya sebelum saya hapus beberapa file yang tidak penting. Kemudian setelah saya hapus file-file yang tidak penting, jumlah inodes mulai menurun, seperti pada gambar :

Inodes HostGator
Inodes Hostgator setelah file tidak penting dihapus

Dari gambar di atas terluhat jelas perbedaan sebelum dan sesudah penghapusan file pada server hosting. Walaupun tidak begitu signifikan, tapi paling tidak dapat mengurangi tinggi nya angka inodes pada server hosting HostGator kita.

Mungkin anda penasaran kenapa inodes hosting saya begitu tinggi hingga mencapat 50.000. Hal itu terjadi karena saya memasang beberapa script AGC pada blog yang saya host di hosting tersebut. Salah satu blog nya yaitu blog ini yang visitornya sudah mencapai 30ribuan dalam sehari. Sudah pasti inodes nya tinggi. 😀

Jadi, untuk keamanan dan kelangsungan webhosting kita, jangan lupa pantau terus perkembangan status webhosting kita.

Ok. Semoga bermanfaat.  🙂

5 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: