Diklat Prajabatan PLN Angkatan 37

Angkatan 37?? Siap Untuk PLN! Itulah jargon kami Siswa Diklat Prajabatan PLN Angkatan 37. Alhamdulillah saya termasuk salah satu diantara 206 siswa diklat prajabatan PLN Angkatan 37 ini. Sebenarnya beberapa bulan lalu saat saya sedang menjalani diklat Pembinaan Karakter, saya sudah pernah menulis tentang Angkatan 37 ini, namun karena terjadi musibah dengan Server web saya beberapa waktu lalu, artikel yang saya tulis hilang semua :(. Tapi tak apa, saya akan mulai menulis lagi di artikel ini.

PLN Angkatan 37

PLN Angkatan 37

Dari sekian banyak siswa yaitu 206 orang di PLN Angkatan 37 ini hanya berasal dari dua pulau besar di Indonesia, yaitu Jawa dan Sumatra. Karena Angkatan 37 ini adalah angkatan pertama dari program D3 kerjasama (D3K) PLN dengan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, yaitu Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), UNDIP, POLINES, UGM, dan ITS. Sebenarnya masih ada lagi perguruan tinggi lainnya, namun karena beberapa alasan tertentu mereka tidak bisa ikut angkatan 37 ini dan menyusul di Angkatan 40.

Sejak awal masuk perguruan tinggi, siswa sudah diseleksi melalui beberapa tahapan, yakni tes Psikotest, tes Kesehatan, dan tes Wawancara. Setelah lolos seleksi, maka selain mendapat predikat sebagai Mahasiswa, juga menjadi calon pegawai PLN. Selama kuliah, kami mendapatkan materi tentang PLN dan diharuskan Magang kerja di PLN juga. Setelah lulus, kami mengikuti diklat Prajabatan PLN yang terdiri dari beberapa tahap, yakni :

1. Diklat Kesamaptaan

Disini kami dilatih dan ditempa fisik, mental, kedisiplinan, dan keberanian Semi Militer. Kami dilatih dan ditempa oleh Pasukan Khusus Terbaik ketiga di Dunia, yaitu Kopassus. Tepatnya kami berlatih kesamaptaan di Pusdikpassus, Batujajar selama 10 hari. Banyak hal baru dan mengesankan yang kami alami disini, terutama saat kami berlatih ke Situ Lembang.

2. Diklat Pendidikan Karakter (Binter)

Setelah ditempa fisik dan mental, kami dilatih dan dibina karakter nya melalui program Binter ini. Program ini dilaksanakan di PLN Udiklat Suralaya yang lokasi nya bersebelahan dengan PLTU Suralaya di Banten.

3. Pengenalan Perusahaan

Selanjutnya, kami dibawa ke Jakarta untuk mengikuti program pengenalan perusahaan di Pusdiklat PLN, Ragunan, Jakarta Selatan. Disini kami mendapatkan materi langsung dari Kadiv-Kadiv PLN dan petinggi PLN lainnya. Selama disini, kami menginap di mess Museum Energi dan Transportasim, TMII.

4. Diklat Pembidangan

Setelah bersama selama hampir sebulan, kami akhirnya berpisah menjadi tiga kelompok yang terbagi dalam Pembangkitan, Transmisi, dan Distribusi. Dimana masing-masing dilaksanakan di Udiklat yang berbeda, yakni untuk Pembangkita di Udiklat Suralaya, Transmisi di Udiklat Semarang, Distribusi di Udiklat Pandaan. Alhamdulillah saya dipilih untuk ikut pembidangan di Transmisi, padahal dulu milihnya Distribusi :D.

5. On The Job Training

Nah, inilah tahap akhir dari Diklat Prajabatan ini yaitu OJT (On The Job Trainig). Jadi, setelah mendapatkan ilmu teori dan praktek selama pembidangan, di OJT inilah kita terapkan ilmu itu langsung ke dunia kerja baik di kantor maupun lapangan. Lokasi penempatan OJT untuk angkatan 37 berada di dua tempat berbeda yakni di Sulawesi tepatnya SULSERABAR (Sulawesi Selatan, tenggara, Barat) dan NTT (Nusa Tenggara Timur). Alhamdulillah saya dapat tempat OJT di SULSERABAR, tepatnya di PLN TRAGI Tello, Makassar :). Disini sekitar 2 bulan mengerjakan proyek yang diberikan oleh PLN sambil memikirkan ide untuk membuat Inovasi yang akan dilombakan pada Sains Technology Olympiad (STO). Setelah OJT selesai tinggal nunggu SK (Surat Keputusan) penempatannya  turun deh.

Sebelum berpisah, berikut saya persembahkan lagu kebanggaan Angkatan 37 :

PLN Angkatan 37 datang dengan semangat yang baru (untuk maju)

Berbeda tetapi tetap satu (tetap satu)

Siap mengabdi untuk Indonesia ku, PLN Angkatan 37

Ooo.. Belajar sama-sama

Ooo.. Berlatuh sama-sama

Ditempa pun sudah biasa

Ooo.. Bersatu kita teguh

Ooo.. Bercerai kita runtuh

PLN Angkatan 37

Topik Terhangat :

  • diklat prajabatan pln 2015
  • pengalaman di udiklat suralaya

2 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: