Gara-Gara Auto Generate Content (AGC)

Pada 25 Januari 2011 lalu blog ini resmi saya pasang script Auto Generate Content (AGC). Walaupun muncul banyak Pro dan Kontra tentang blog AGC ini, tapi saya tidak peduli. Saya tetap memasang script ini untuk membuktikan apakah dengan AGC ini bisa meningkatkan traffic blog yang dipasang AGC. Dan ternyata hal tersebut memang terbukti. Setelah 1 minggu saya pasang di blog ini, traffic blog jadi mambludak. Padahal biasanya tanpa AGC paling cuma ratusan visitor dalam satu hari. Tapi beberapa hari setelah dipasang AGC, visitor membludak jadi ribuan visitor dalam satu hari. Bahkan sekarang sudah mencapai puluhan ribu Visitor dalam sehari. Wow.. AGC ini memang dahsyat!

Efek AGC

Efek yang ditimbulkan dari AGC itu sendiri sangat beragam. Ada beberapa site yang saya pasang AGC. Tapi yang sukses meraup ribuan visitor cuma blog ini doang. Yang lainnya seperti ga ada pengaruha apa-apa. Sungguh aneh tapi nyata. Dengan pemakaian AGC ini otomatis traffic blog menjadi sangat tinggi dan sangat sibuk. Hal ini juga berpengaruh pada kinarja server hosting yang saya pakai. Setelah saya pasang AGC, server hosting saya di HawkHost dipaksa bekerja ekstra keras.

Server Hosting Over Load

Awal-awal pasang AGC memang belum terasa beban di server. Tapi lama kelamaan seiring dengan tingginya traffic sehingga berimbas pada beban server yang sangat tinggi pula. Dalam kasus ini saya menggunakan jasa hosting di HawkHost. CPU usage ada pada level 100% tiap kali saya refresh. Bandwidth jadi membengkak. Masa dalam 1 bulan bandwidth 60GB bisa habis, padahal AGC baru dipasang 1 minggu.

Anda bisa lihat gambar diatas, dimana kinerja server sangat berat. Awalnya hanya saya biarkan saja, tapi lama kelamaan kasihan juga tiap kali masuk Cpanel disuguhi pemandangan server status seperti itu. Saya juga khawatir kalo tidak segera diatasi akun hosting saya bisa kena suspend. Bayangkan saja masa AGC memakan bandwidth 7GB dalam sehari. Gile benerr.. πŸ˜›

Migrasi ke HostGator

Melihat kasus diatas, saya mulai mencari solusi untuk mengatasinya. Saya coba cari info hosting yang cukup tangguh untuk menghandel site AGC. Saya tanyakan pada rekan-rekan di forum, tapi kebanyakan menyarankan menggunakan VPS (Virtual Private Server) atau Dedicated Server. Yah.. VPS memang tangguh, tapi harganya juga tangguh. Belum terjangkau buat kantong pelajar kaya saya ini :D.

Kebetulan ada teman saya di Facebook yang sudah lama main AGC, saya tanyakan ke dia pakai hosting apa. Ternyata dia memakai hosting di HostGator dan katanya selam dia hosting disitu belum ada pengaruh yang signifikan pada beban server dari site AGC nya. Akhirnya saya putuskan untuk migrasi blog saya ini ke HostGator. Kebetulan lagi saya memang sudah langganan hosting di HostGator, jadi ga perlu beli dan buka akun lagi :D.

Server Lebih Stabil

Setelah saya migrasi blog ini dari HawkHost ke HostGator, memang beban Server tidak terlalu besar. Untungnya lagi di HostGator tidak ada limit Bandwidth,atau bandwidth nya unlimited. Jadi tidak perlu pusing dengan bandwidth yang membengkak. Tapi bukan berarti tidak ada batasan. Masih ada inodes yang membatasi penggunaan hosting di HG, kalo inodes nya melebihi 100.000 bisa gawat. Memang di dunia ini ga ada barang yang bagus dan berkualitas dengan harga murah πŸ˜€

Serbuan Visitor tiap Hari

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kelebihan dari Blog AGC yaitu bisa mendatangkan ribuan bahkan ratusan ribu visitor per hari. Dan hal tersebut juga dialami blog saya ini. Pada awal pemasangan memang belum begitu terasa, namun lama-kelamaan visitor mulai berdatangan. Kebanyakan dari mereka visitor dari Indonesia dan datang melalui Google.

Coba perhatikan gambar-gambar berikut :

Hari Ke-1

Efek AGC

Hari ke-1 memakai AGC

Pada hari pertama pemakaian AGC ini belum begitu nampak efek nya. Bisa anda lihat visitor pada hari itu setara dengan hari-hari sebelumnya bekisar 700an.

Hari ke-2

Efek AGC

Hari ke-2 memakai AGC

Hari kedua ini sudah mulai terasa efek dari AGC nya. Terbukti dengan adanya peningkatan jumlah visitor dari hari sebelumnya, walaupun belum begitu signifikan. Baru bisa tembus 1000an visitor dalam sehari.

Hari ke-3

Efek AGC

Hari ke-3 memakai AGC

Tidak jauh berbeda dengan hari sebelumnya, pada hari ketiga ini belum begitu signifikan peningkatan visitornya. Masih sekitar 1000an visitor per hari.

Hari ke-4

Efek AGC

Hari ke-4 memakai AGC

Pada hari ke-4 ini sudah terlihat perubahan yang signifikan. Pada hari sebelumnya hanya 1000an visitor yang datang, dan pada hari ke-4 ini naik cukup drastis menjadi 4000an visitor. Lumayan nih πŸ˜€

Hari ke-5

Efek AGC

Hari ke-5 memakai AGC

Hampir sama dengan hari sebelumnya, pada hari ke-5 ini terjadi kenaikan jumlah visitor yang cukup drastis dari 4000an menjadi 7000an.

Hari ke-6

Efek AGC

Hari ke-6 memakai AGC

Peningatan yang lumayan tinggi juga terjadi pada hari ke-6 ini. Anda bisa lihat pada gambar di atas, terjadi peningkatan jumlah visitor yang cukup banyak hingga mencapat 11.000an visitor dalam sehari. Untuk sementara menjadi rekor vsiitor terbanyak dalam 6 hari terakhir. Dan pada hari ini juga merupakan hari yang buruk bagi server hosting saya di HawkHost. Karena beban server sangat tinggi dan bandwidth yang digunakan bisa mencapai puluhan GB dalam 1 hari itu. Capee dehh.. πŸ™

Hari ke-7

Efek AGC

Hari ke-7 memakai AGC

Hari ke-7 visitor mulai berkurang, setelah sebelumnya terjadi puncak tertinggi kedatangan visitor yang mencapai 11ribu pada hari ke-7 ini turun menjadi 8ribuan visitor. Entah kenapa hal ini bisa terjadi. Mungkin dipengaruhi kondisi hosting juga yang semakin parah, karena saya baru mulai pindah hosting pada hari ke-8.

Hari ke-8

Efek AGC

Hari ke-8 memakai AGC

Hari ke-8 ini blog mulai saya pindahkan ke server lain. Padahal sempat saya matikan beberapa saat AGC nya, tapi kok malah visitornya membludak jadi 17ribuan visitor pada hari itu. Mungkinkah kondisi server yang baru mempengaruhi julah visitor tersebut? Saya pun ga tau jawabannya. Kalo udah tau ga mungkin tanya :D.

Page Index

Selain itu, pemakaian AGC ini juga mampengaruhi Page index, Alexa rank, dan stats lainnya.

Stats blog ini naik

Dengan banyaknya jumlah visitor dan traffic tiap harinya tentu akan mempengaruhi Alexa Rank. Nyonya Alexa jadi makin ramping nih :D. Dengan banyaknya page/post yang digenerate AGC, dan hebatnya page itu jga keindex di search engine. Jadi kebanyakan site AGC pasti Alexa nya ramping, dan page indexnya sudah banyak banget bahkan bisa sampai ratusan ribu. Ga kebayang nih kalo sampai segitu banyak nasib server hosting nya seperti apa :D.

10 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: