Latihan Jadi Dispatcher di Dispatcher Training Simulator (DTS)

Halo semua.. Kali ini saya akan berbagi pengalaman Latihan Jadi Dispatcher di Dispatcher Training Simulator (DTS). Ada yang tau apa itu dispatcher? Menurut Wikipedia, Dispatcher adalah personil komunikasi yang bertanggung jawab untuk menerima dan mengirimkan pesan murni dan dapat diandalkan, pelacakan kendaraan dan peralatan, dan merekam informasi penting lainnya. Agak rancu ya bahasanya, maklum hasil translate-an :D.

Mungkin untuk berbagai bidang definisi dispatcher bisa berbeda-beda. Kalo di PLN, yang dinamakan dispatcher adalah orang yang mengendalikan sistem tenaga listrik seperti monitoring, melimpahkan, mencatat beban dan aliran daya, melakukan manuver pemberian dan pembebasan tegangan, dll. Secara bahasa sederhananya, dispatcher lah yang mengendalikan listrik melalui komputer menggunakan sistem SCADA. Ibarat seorang supir yang mengemudikan bus di jalan TOL.

Biar lebih jelas tentang Dispatcher, silakan simak penjelasan berikut :

Siapa itu Dispatcher?
  • Petugas pelaksana operasi “real time” yang mampu menjaga mutu dan keandalan operasi sistem tenaga listrik.
  • Berperan melaksanakan rencana operasi harian (ROH) dan mampu mengatasi penyimpangannya.
Apa itu dispatching?
Dispatching atau Pengaturan Beban adalah suatu “tatacara” untuk mengoperasikan sistem tenaga listrik.Tatacara tersebut meliputi :
a. Perencanaan
– Study aliran daya (load flow)
– Study hubung singkat
– Economic Load Dispatch
– Maintenance scheduling unit pembangkitb. Pelaksanaan / Operasi Real Time
Perlengakpan :
– Konfigurasi jaringan sistem tenaga listrik
– Rencana operasi harian
– SCADA
– SOP Pemulihan (recovery)
– Logsheetc. Analisa dan Evaluasi
– Pembuatan statistik sebagai input bagi perencanaanTugas Pokok Dispatcher :
Mengatasi penyimpangan (deviasi) yang terjadi dari Rencana Operasi Harian. Penyimpangan dapat terjadi antara lain karena gangguan sistem (gangguan partial dan gangguan total / black out).
Dalam kasus gangguan total, proses pemulihannya harus dilakukan secara bertahap, sebagai berikut :
  • Black Start Unit Pembangkit,
  • Pengiriman tegangan (back feeding) ke Unit Pembangkit/Gardu Induk,
  • Pemulihan sistem jaringan tenaga listrik dengan melakukan pembebanan Gardu Induk secara bertahap sesuai dengan kemampuan unit pembangkit yang telah beroperasi.
  • Keberhasilan di dalam mengasut (start) unit pembangkit sepenuhnya bergantung kepada Enjinir dan Operator Unit Pembangkitan.
  • Pengiriman tegangan ke unit pembangkit (untuk keperluan start) dan pemulihan sistem dengan melakukan langkah-langkah pembebanan secara bertahap sehingga membentuk subsistem kecil dan kemudian dirangkai dengan subsistem kecil lainnya hingga membentuk sistem interkoneksi utuh seperti sediakala, sepenuhnya menjadi tanggung jawab Dispatcher yang dibantu pelaksanaannya oleh Operator gardu induk.
Itu sekilas tentang dispatching dan dispatcher. Nah, saya mau share pengalaman nih waku menjalani diklat pembidangan transmsi beberapa waktu lalu. Saya sempat berlatih jadi Dispatcher di Dispatcher Training Simulator (DTS) milik nya PLN P3B Jawa Bali. Lokasi DTS berada di maskas besar PLN P3B JB di Gandul, Jakarta Selatan, tepatnya di gedung operasi lantai 5 (paling atas).
Dedung Operasi JCC

Dedung Operasi JCC

Dispatcher Training Simulator (DTS)

Disana kami dilatih dan diajari cara menjalankan aplikasi oleh pembimbing dan dispatcher senior. Kami diajari untuk menjalankan aplikasi Dispatcher bernama SINAUT Spectrum buatan Siemens. Awalnya kami diajari dan ditemani oleh pembimbing untuk mengatasi berbagai kondisi sistem Jawa Bali. Mulai dari frekuensi yang naik turun, tegangan yang drop, sampai adanya gangguan PMT trip atau pembangkit yang lepas dari sistem.

Simulasi Dispatcher Training Simulator (DTS)

Hari berikutnya, saatnya simulasi yang sebenarnya. Ibaratnya setelah belajar kita dikasih ujian. Ujiannya berupa simulai dispatcher tanpa didampingi oleh pembimbing. Simulasi ini dikondisikan sesuai dengan keadaan real atau kondisi sebenarnya di lapangan. Tiap kloter simulasi ada 4 orang dimana masing-masing orang mempunyai tugas masing-masing. Ada yang melakukan manuver pekerjaan, ada yang mengatur frekuensi, ada yang mengkoordinasikan satu sama lain, ada yang mencatat, dsb.

Suasana Simulasi DTS

Suasana Simulasi DTS

Saat ujian simulasi, kami benar-benar tertekan secara mental. Karena baru sebentar belajar, jadi masih bingung apa yang harus dilakukan jika mendapat kondisi gangguan tertentu. Banyak yang grogi dan nerves, apalagi kalo dengar alarm menyala dan telepon sana sini ikut berdering. Belum lagi lihat frekuensi yang tidak stabil naik turun, harus berkali-kali nelpon ke pembangkin untuk menaikkan/menurunkan daya pembangkitan. Kadang ada juga yang rewel ga mau naik/turun pembangkitnya karena baru saja di suruh naik/turun.

Kemudian yang paling bikin heboh adalah jika kondisi sistem sampai extrim, dalam hal ini mencapai kondisi “BLACKOUT” alias padam total. Frekuensi turun tajam, satu per satu pembangkit lepas dari sistem. Sampai akhirnya tidak ada pembangkit yang masuk sistem, sehingga padam total. Nah, kalo sudah Blackout gini solusinya adalah jalankan prosedur “BLACK START”. Black Start adalah prosedur yang dijalankan jika kondisi sistem Blackout dengan menjalankan pembangkit yang bisa jalan tanpa membutuhkan daya yang besar untuk bangkit, misalnya PLTA.

Alhamdulillah waktu itu, kelompok saya mengalami musibah Blackout. Namun sistem bisa kembali normal setelah melakukan prosedur Black Start ini. Setelah selesai simulasi rasanya plong banget.. lega rasanya dan juga puas karena bisa menjaga sistem dan lepas dari blackout 🙂

Sasana Evaluasi Simulasi DTS

Sasana Evaluasi Simulasi DTS

Selesai simulasi dilakukan evaluasi dari pembimbing dan peserta, apa saja yang terjadi saat simulasi, kesan pesan nya, serta koreksi dan pesan dari pembimbing disampaikan disini.

Sungguh pengalaman yang luar biasa bisa berlatih disini. Ternyata ga mudah jadi dispatcher 😀

Topik Terhangat :

  • dispatcher adalah
  • tugas dan tanggung jawab dispatcher
  • apa itu dispatcher
  • tugas dispatcher
  • dispatcher pln
  • arti dispatcher
  • fungsi dispatcher
  • apa arti dispatcher
  • dispatcher tugas
  • tugasnya dispatcher

Leave a Reply

%d bloggers like this: