Perjalanan Naik Bus dari Surabaya ke Banjarnegara

Kali ini saya akan membahas tentang perjalanan cepat dan murah saya dari Surabaya ke Banjarnegara menggunakan bus ekonomi selama 14 jam. Jadi ceritanya saya sedang ada tugas negara (halah) di Surabaya selama 2 hari. Nah di hari kedua tibalah saatnya pulang. Saya memilih untuk pulang naik bus dari terminal Purbaya (bungurasih) yang kebetulan tempatnya tidak terlalu jauh dari kantor tempat saya rapat, tinggal naik angkot sekali nyampe.

terminal bus purbaya bungurasih

Tiba di terminal bungurasih saya disambut dengan orang-orang yang menanyakan mau kemana. Karena saya takut kena calo (lagi) akhirnya saya diem aja sambil nyari bis jurusan purwokerto. Udah agak jauh muter ternyata ga nemu juga, akhirnya saya nanya ke petugas dishub setempat, dia menunjukkan arah bus nya sambil memanggil orang yang ternyata calo (tepok jidat). Yahh kena juga di calo. Saya disuruh beli tiket 275.000, dia cari bus patas ternyata tiket bus patas ke purwokerto nya habis. Jadi saya tarik kembali duit saya, ga jadi deh kena calo.

Karena bus jurusan purwokerto nya ga ada, maka saya putuskan naik bus jurusan jogja. Alhamdulillah ga lama nyari langsung nemu bus ekonomi jurusan jogja terminal Giwangan yang udah nyaris penuh dan langsung berangkat.

Sedikit tips nih kalo di terminal, jangan langsung percaya sama orang yang nawarin tiket bisa jadi dia calo. Kalo mau naik bus ekonomi langsung aja naik ke bus nya bayar di bus. Kalo mau naik bus patas pastikan udah punya tiket nya. Karena banyak calo nakal yang kalo ngasih harga tiket nya kebangetan.

Oke lanjut. Tiket bus dari Surabaya terminal Purbaya (Bungurasih) ke Jogja Terminal Giwangan saat artikel ini di postkan yaitu Rp 57.000 dengan lama perjalanan sekitar 7-8 jam. Saya berangkat pukul 5 sore sampai jogja pukul 12 malam.

Nah, sampai di Terminal Giwangan Jogja, cari blok terminal yang ke purwokerto. Saya lupa di blok apa, coba tanyakan ke pihak petugas dishub atau orang setempat. Alhamdulillah jam 1 malam masih tersisa 1 bus ekonomi terakhir yang menuju terminal Purwokerto. Agak lama memang ngetem nyari penumpang nya, maklum bus ekonomi. Tiket bus ekonomi dari Jogja ke Purwokerto Rp 45.000 dengan lama perjalanan sekitar 3-4 jam.

Nah kalau naik bus ini ada dua pilihan tempat turun. Bisa turun di pertigaan Sokaraja sambil nunggu bus langsung ke Banjarnegara, atau lanjut sampai ke terminal Purwokerto. Buat yang buru-buru pengen sampai banjarnegara saya sarankan turun di Sokaraja biar langsung dapat bus dan ga ngetem kelamaan. Buat yang pengen santai dulu mau ishoma sambil ke toilet bisa ke terminal dulu aja.

Pukul 4.30 dini hari saya sampai di terminal Purwokerto. Karena agak lapar, jadi saya isi perut dulu dengan Soto Sokaraja + tek anget. Nah diterminal ini cukup banyak kok bus yang ke Banjarnegara. Ada juga yang ke Wonosobo lewat Banjarnegara. Jadi ga perlu khawatir kehabisan bus, 24 jam ada.

Kebetulan ada bus yang udah mau berangkat, saya langsung naik jadi ga lama ngetem. Tiket bus ekonomi dari Purwokerto ke Banjarnegara Rp 25.000 dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Tepat pukul 6.30 WIB saya sampai di rumah. Alhamdulillah perjalanan 14 jam dari Surabaya ke Banjarnegara akirnya selesai juga.

Jadi total biaya yang saya keluarkan untuk naik bus dari Surabaya ke Banjarnegara hanya Rp 127.000 dalam waktu 14 jam dan berpindah menggunakann 3 bus ekonomi. Bandingkan dengan harga tiket calo yang bisa saampai Rp 275.000. Jangan sampe deh kena calo.

oke, cukup sekian cerita saya ini. Semoga bermanfaat 🙂

Topik Terhangat :

  • terminal bungurasih surabaya
  • info rute perjalanan kalo naik bis dari surabaya ke wonosobo
  • rizkyagung net
  • surabaya banjarnegara
  • terminal bungurasih surabaya ke ngawi
  • cerita naik bus handoyo daro surabaya
  • bus surabaya purwekerto via wonosobo
  • bus surabaya ke terminal banjarnegara
  • Waru sidoarjo ke banjarnegara berapa jam
  • bis jurusan banjarnegara-ngawi jatim

Leave a Reply

%d bloggers like this: