Teknik Digital : Flip Flop pada Sistem Digital

Clocked SR Flip-Flop

Clocked SR Flip-Flop

Setiap sistem digital akan mempunyai bagian yang merupakan rangkaian kombinasi. Disamping itu, dalam sistem digital  juga, pada umumnya, dipergunakan bagian  rangkaian yang dapat mengingat  keadaan  keluarannya  sebelumnya  dan  keluarannya  untuk  suatu kombinasi masukan  tertentu  juga  tergantung atas keadaan keluarannya sebelum masukan  itu  dikenakan. Bagian  rangkaian  demikian  disebut  sebagai  rangkaian berurut  (sequential).  Rangkaian  logika  berurut  juga  pada  umumnya  memakai rangkaian logika kombinasi, setidak-tidaknya pada rangkaian masukannya.

Rangkaian  logika berurut  dibedakan  atas  dua  jenis,  yaitu  serempak (synchro  nous)  dan  tak-serempak (asynchronous). Dalam  rangkaian  serempak, perubahan  keadaan  keluaran  hanya  terjadi  pada  saat-saat  yang  ditentukan  saja. Walaupun  masukan berubah  diantara  selang  waktu  yang  ditentukan  itu, keluaran  daripada  rangkaian  itu  tidak  akan  berubah.  Berbeda  dari  rangkaian yang  serempak,  keluaran  dari  pada  rangkaian  tak-serempak  berubah  menurut perubahan  masukannya  dan  keluaran  itu  dapat  berubah  setiap  saat  masukan berubah.

Unsur pengingat (memory) yang paling umum dipakai pada rangkaian ber-urut serempak adalah flip-flop. Setiap flip-flop dapat menyimpan satu bit (binary digit)  informasi, baik dalam bentuk  sebenarnya maupun bentuk komplemennya. Jadi,  flip-flop,  pada  umumnya mempunyai  dua  keluaran,  yang  satu merupakan komplemen  dari  yang  lainnya.  Tergantung  atas  cara  bagaimana  informasi  di-simpan ke dalamnya,  flip-flop dibedakan atas beberapa  jenis yaitu SR,  JK, D dan T.

Flip-flop

Multivibrator adalah suatu rangkaian regeneratif dengan dua buah piranti aktif, yang dirancang sedemikian sehingga salah satu piranti bersifat menghantar pada saat piranti lain terpancing. Multivibrator dapat menyimpan bilangan biner, mencacah pulsa,
menyerempakkan operasi-operasi aritmatika, serta melaksanakan fungsi-fungsi pokok lainnya dalam sistem digital.

JK Flip-Flop

JK Flip-Flop

Ada tiga jenis multivibrator,yaitu : astabil, monostabil, dan bistabil. Nama lain dari multivibrator bistabil adalah  Flip-Flop, yaitu multivibrator yang keluarannya adalah suatu tegangan rendah atau tinggi, 0 atau 1. Keluaran ini tetap rendah atau tinggi; untuk mengubahnya, harus didrive oleh suatu masukan yang disebut  pemicu (triger). Sampai datangnya pemicu, tegangan keluaran tetap rendah atau tinggi untuk selang waktu yang tak terbatas.

Flip-flop merupakan suatu memori dengan kapasitas 1 bit. Selama catu daya-nya terpasang maka memorinya akan bertahan. Dalam penerapannya, memori yang terkandung dalam flip-flop dapat diubah dengan memberikan clock pada masukannya. Jenis-jenis Flip-Flop antara lain :

  1. Flip-Flop SR

  2. Flip-Flop T

  3. Flip-Flop JK

  4. Flip-Flop D

Leave a Reply

%d bloggers like this: