Teknik Digital : Flip Flop SR

Salah satu daei jenis flip-flop adalah flip-flop RS. Flip-flop ini mempunyai dua masukan dan dua keluaran, di mana salah satu keluarannya (y) berfungsi sebagai komplemen. Sehingga flip-flop ini disebut juga rangkaian dasar untuk membangkitkan sebuah variabel beserta komplemennya. Flip-flop RS dapat dibentuk dari kombinasi dua gerbang NAND atau kombinasi dua gerbang NOR.

1. Flip Flop RS yang dibangun dari gerbang NAND

 

Sedangkan tabel kebenarannya adalah seperti pada Tabel 1.
Tabel 1. Tabel kebenaran SR latch NAND

 

2. Flip Flop RS yang dibangun dari gerbang NOR 

 

Tabel 2. Tabel kebenaran SR latch NOR
Dari kedua rangkaian ini anda mati perbedaannya terutama pada tabel kebenaran

Analisis kondisi masukan dan keluaran flip-flop RS :

PERTAMA R S = 0 0
Ini berarti  tidak diterapkan pemicu. Dalam hal ini keluaran y mempertahankan nilai terakhir yang dimilikinya.

KEDUA R S = 0 1
Ini berarti bahwa suatu  pemicu diterapkan  pada masukan S. Hal ini mengeset flip-flop dan menghasilkan keluaran y bernilai 1.

KETIGA R S = 1 0
Ini menyatakan bahwa suatu pemicu diterapkan pada masukan R. Hal ini mereset flip-flop dan menghasilkan keluaran y bernilai 0.

KEEMPAT R S = 1 1
merupakan kondisi  masukan terlarang. Kondisi ini berarti  menerapkan suatu pemicu pada  ke dua masukan S dan R pada  saat yang sama. Hal ini merupakan suatu pertentangan karena mengandung pengertian bahwa kita berupaya untuk memperoleh keluaran y yang secara serentak sama dengan 1 dan sama dengan 0. Hal ini tidak masuk akal dan oleh sebab itu masukan ini dinyatakan terlarang.

Bila clock rendah (0), ke dua gerbang AND tertutup (disabled). Hal ini menjamin bahwa : R S = 0 0 yang berarti keluaran y tetap pada keadaan terakhir yang dimilikinya. Tetapi bila  clock menjadi tinggi (1), ke dua gerbang AND  terbuka (enabled). Hal ini memungkinkan sinyal-sinyal S dan R mencapai  flip-flop RS. Dengan cara ini, flip-flop akan set atau reset, bergantung pada nilai RS.

Oleh sebab itu, flip-flop RS ber ‘clock’  tidak dapat berubah keadaan  sampai berlangsungnya sinyal clock. Penerapan clock pada  sebuah flip-flop seperti di atas sangat penting dalam sistem digital berskala  besar dengan beratus-ratus flip-flop yang dihubungkan satu sama lain. Clock diterapkan pada semua flip-flop secara serentak; hal ini menjamin bahwa semua flip-flop berubah keadaan pada saat yang sama. Penyerempakan ini sangat penting dalam berbagai istem digital.

Leave a Reply

%d bloggers like this: