Tips Cara Merawat Baterai Laptop

Setiap orang pastinya menginginkan agar barang yang di beli dapat tahan lama alias awet. Begitu juga dengan barang yang satu ini, baterai Laptop. Sebagai mana kita ketahui bahwa harga baterai laptop lumayana mahal. Lalu, bagaimana caranya agar baterai laptopkita bisa awet dan tahan lama?

Berikut ini beberapa tips cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama:

1. Saat Pertama kali membeli Laptop, Charge Baterai Sekitar 8 – 10 jam.
2. Setiap menggunakan Laptop lebih baik jika power adaptor tetap terpasang (di Charge terus) Karena baterai tipe-tipe BARU SEKARANG mempunyai CONTROLL BATTERY artinya “Jika Full, baterai akan stop charging (stand by) jadi laptop otomatis langsung pakai power listrik, dan Juga Tidak Membuat Baterai Soak/Kembung”.
3. Jangan Melakukan sistem CdC (Charge Discharge) = “Apabila batrei penuh cabut adaptor, dan setelah habis pasang adaptor” .
4. Baterai jangan di KALIBRASI (pengosong isi batrei sampai habis 0%) karena banyak effeknya ke baterai (Cycle Count)
5. Jangan pernah LEPAS BATERAI (baterai jangan disimpan, menggunakan power listrik langsung), apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,motherboard,dll) dan mengakibatkan kerusakan laptop. Selain Itu baterai juga mengkontrol arus listrik yang masuk sebelum ke perangkat yg lain.
6. 5 menit Sebelum memakai laptop pasang adaptor, 5 menit setelah Laptop dimatikan cabut adaptor.
7. Saat menggunakan baterai (portabel/tanpa di charge), hindari (main Game, putar DVD/CD, software2 Grafis Tinggi ). Jika masih ada power listrik lebih baik di charge saja.

Sumber:

http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=64550

Leave a Reply

%d bloggers like this: