Cara Install Windows 7 di DigitalOcean VPS

Tutorial Cara Install RDP Windows 7 DigitalOcean

Membuat Sendiri RDP Windows 7 di DigitalOcean dengan mudah akan kita bahas pada Artikel kali ini. Namun sebelum kita melanjutkan pembahasan Cara Membuat RDP sendiri di VPS DigitalOcean, ada baiknya kita pahami dulu beberapa istilah dan kata yang mungkin asing di telinga Anda sekalian.

Apa itu RDP? Penjelasan RDP Windows

RDP (Remote Desktop Protocol) adalah sebuah protocol bawaan dari Sistem Operasi Windows yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan remote pada sebuah sistem windows.

Istilah RDP ini sering digunakan saat orang ingin membuat sistem di VPS menggunakan Windows untuk digunakan menjalankan aplikasi secara online dengan akses internet yang sangat cepat. Pada intinya fitur RDP inilah yang akan kita gunakan dan aktifkan pada Windows yang nantinya kita Install di VPS DigitalOcean.

Apa itu VPS? Penjelasan VPS

VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah sistem yang mirip seperti komputer biasa namun bentuk nya virtual alias tidak punya bentuk fisik yang hanya berupa virtualisasi dari server fisik. Ini seperti kita membuat sistem virtual menggunakan VirtualBox atau VMWare yang tidak menggunakan insfrastruktur fisik.

Pada VPS ini memiliki sistem seperti komputer biasa, dia punya Core CPU, RAM, dan hardisk, biasanya sih kalo VPS jaman now udah pakai SSD semua, jarang yg pakai hardisk karena lebih lemot. Besarnya spesifikasi CPU, RAM dan Disk tergantung dari paket dan biaya yang ditawarkan pihak provider VPS nya. Semakin besar spesifikasinya maka harga sewa nya juga makin mahal.

VPS ini dapat kita install dengan sistem operasi Linux maupun Windows, dimana nanti dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu, misalnya diinstall linux debian terus diinstall juga nginx, php, mysql untuk dibuat webserver. Atau diinstall Windows untuk dipakai sebagai RDP buat jalankan aplikasi tertentu.

Apa itu DigitalOcean? Penjelasan DigitalOcean

DigitalOcean adalah salah satu penyedia layanan cloud dimana kita bisa membuat droplet VPS baik dengan OS Linux maupun Windows. Sebenarnya untuk saat ini DigitalOcean tidak menyediakan atau menjual fitur untuk kita membuat VPS windows di droplet nya. Namun kita masih bisa membuat VPS Windows di DigitalOcean dengan cara khusus yang akan kita bahas kali ini.

Mengapa DigitalOcean?

Kita menggunakan DigitalOcean karena provider cloud ini memiliki banyak fitur dan harganya juga terjangkau. Selain itu DigitalOcean akan memberikan saldo GRATIS senilai $100 berlaku 60 hari untuk Anda yang mendaftar akun baru menggunakan link ini :

Daftar DigitalOcean gratis saldo $100 disini.

Mengapa RDP Menggunakan Windows 7?

Ada beberapa pilihan versi Windows yang bisa kita gunakan seperti Windows XP, Windows 7, Windows 10 ataupun Windows Server. Kali ini saya akan menggunakan Windows 7 karena lebih stabil dan lebih ringan. Sehingga tidak memerlukan spesifikasi VPS yang tinggi dimana akan berpengaruh pada harga sewa nya juga.

Selain itu, Windows 7 ini sudah saya optimasi dan setting supaya tidak banyak memakan resource dan lebih ringan lagi. Untuk versi Windows lain akan kita bahas pada Artikel lainnya.

Oh iya untuk image Windows 7 yang akan kita gunakan sudah menggunakan Windows 7 update tahun 2020 ya. Ini sudah saya update sampai Januari 2020 jadi untuk hal keamanan sudah cukup baik. Tinggal nanti terserah Anda mau diinstall Antivirus tambahan atau tidak, karena Antivirus cukup memakan banyak resource VPS nya.

Cara Membuat RDP Windows 7 di VPS DigitalOcean

  1. Login ke Akun DigitalOcean. Jika belum punya akun nya silakan daftar disini.
  2. Pada menu Droplets klik Create –> Droplets.
  3. Pada Choose an Image pilih Distributions –> Ubuntu 18.04 (LTS).
  4. Pada Choose a Plan pilih Standard –> Klik panah kiri –> pilih yang paling kiri $5 atau yang $10 terserah Anda. Ini merupakan pemilihan spesifikasi VPS yang akan kita sewa. Semakin mahal maka semakin tinggi spek nya dan makin cepat loading nya.
  5. Pilih datacenter Singapore pada opsi Choose a datacenter region. Pemilihan datacenter ini penting, karena semakin dekat dengan lokasi kita maka semakin cepat koneksi jaringan nya. Ini akan berpengaruh pada lemot tidak nya saat remote RDP nya nanti.
  6. Authentication pilih One-time password.
  7. Anda bisa mengganti nama droplet pada bagian Choose a Hostname.
  8. Jika semua sudah sesuai klik Create Droplet.
  9. Setelah droplet baru dibuat, masuk ke dalam droplet nya untuk melihat pengaturan pada droplet tersebut.
  10. Matikan atau Shutdown droplet nya dengan klik tombol ON di kanan atas –> klik Turn Off
  11. Masuk ke menu Recovery pilih Boot from Recovery ISO.
  12. Hidupkan atau nyalakan kembali droplet nya dengan klik tombol OFF di kanan atas, pastikan menjadi ON
  13. Masuk ke Console droplet dengan klik tombol Console, jendela popup baru akan muncul yang berisi tampilan layar dari isi dropletnya.
  14. Pilih dan ketik 1 untuk melakukan mount pada disk nya Cara Install Windows 7 DigitalOcean VPS
  15. Kemudian pilih dan ketik 6 untuk masuk ke command line shell nyaCara Membuat RDP Sendiri Windows 7 DigitalOcean
  16. Ketik kan perintah berikut ini :

wget -O- https://archive.org/download/win7.img_202001/win7.img.gz | gunzip | dd of=/dev/vda bs=512

Install RDP Windows DigitalOcean VPS

Selanjutnya tunggu hingga proses nya selesai. Ini akan memakan waktu yang cukup lama jadi harap bersabar saja. Jika proses sudah selesai silakan matikan atau shutdown droplet nya dan kembalikan booting ke semula di menu Recovery pilih . Baru nyalakan lagi dropletnya dan buka lagi console. Tampilan Windows 7 akan muncul pada layar console tersbut jika proses di atas dilakukan dengan benar.

Jika tidak ada tampilan windows 7, silakan ulangi lagi proses di atas. Terutama pada langkah ke 16 yang paling penting pastikan proses berjalan sampai selesai.

Cara Setting RDP Windows 7 DigitalOCean

Setelah semua proses selesai, silakan login ke Windows 7 nya dengan detail sebagai berikut :

Username : Administrator

Password : Debrislinux.org

Sampai disini Windows 7 nya belum bisa langsung ke remote via RDP. Karena IP address pada windows 7 nya belum diseting. Untuk melakukan setting IP address Windows 7 bisa melalui menu biasa dari Open Network and Sharing Center –> klik Local Area Connection –> klik Properties –> double klik Internet Protocol Version 4 –> isikan setingan IP address seperti yang tercantum pada jendela console bagian bawah.

Jika mouse pada console nya tidak bisa digunakan, kita bisa setting IP Address via CMD (command prompt). Caranya silakan lihat pada artikel berikut ini :

Cara Mengganti IP Address Komputer Windows dari CMD

Tutorial Video Cara Install Windows 7 di DigitalOcean VPS secara Lengkap

Jika Anda kesulitan dan kurang jelas dengan tutorial yang sudah saya jelaskan di atas, silakan lihat Video tutorial lengkap nya disini :

Tutorial Video Cara Install RDP Windows 7 DigitalOcean

Kesimpulan

Membuat RDP Windows 7 Sendiri di VPS DigitalOcean dapat dilakukan dengan mudah. Walaupun sebenarnya DigitalOcean tidak ada fitur untuk instalasi Windows di Droplet nya tapi kita masih bisa menginstall Windows 7 di DigitalOcean menggunakan cara di atas.

Windows 7 ini cukup ringan sehingga dapat berjalan dengan spesifikasi droplet rendah 1 CPU, 1GB RAM seharga $5/bulan. Image Windows 7 ini sudah di update dengan update resmi dari Microsoft hingga bulan Januari 2020. Namun image Windows 7 ini belum di aktivasi, sehingga akan muncul notifikasi untuk aktivasi tiap start up.