Bagi Anda yang sering mengakses Internet di area yang ada WiFi Gratis nya pasti sudah familiar dengan yang namanya WiFi Hotspot. Tahukah Anda perbedaan WiFi Hotspot degan WiFi biasa? Kalau belum tau, akan saya coba jelaskan dulu.

Jadi begini, WiFi Hotspot merupakan sebuah sistem manajemen konektifitas WiFi, dimana sinyal WiFi ini biasanya terbuka tanpa password dan user yang ingin konek harus memasukkan username dan password dulu pada halaman login hotspot nya. Jadi setiap user bisa login dengan user dan password yang berbeda.

Contoh Halaman Login Hotspot Mikrotik

Lain halnya dengan WiFi biasa yang kadang bisa langsung konek tanpa password, namun ada juga yang di password dengan menggunakan enkripsi WPA atau WEP. WiFi jenis ini hanya bisa menggunakan 1 buah password saja yang digunakan semua user.

Oke, udah paham kan? Nah, pada saat kita konek ke WiFi Hotspot akan muncul Halaman Login nya. Ada beberapa yang tampilan halaman login nya standar, ada juga yang cukup menarik dan interaktif hingga membuat penasaran seperti apa sih daleman script nya, hehe 😀

Daripada penasaran, kita bisa langsung membajak script halaman login hotspot tersebut loh. Apalagi halaman login hotspot yang dibuat dengan Mikrotik RouterOS, gampang banget dibajak, hehe.

Bagaimana Cara Membajak Halaman Login Hotspot Wifi Mikrotik? Jawabannya ada di tutorial berikut ini :

  1. Langkah pertama kita download dulu aplikasi httrack disini. Aplikasi ini akan digunakan untuk mendownload semua isi file yang membentuk halaman login hotspot (html, css, js, image, dsb)
  2. Install aplikasi httrack, kemudian buka aplikasi nya.
  3. Koneksikan laptop ke WiFi Hotspot. Disini akan saya contohkan untuk membajak Halaman Login Hotspot Mikrotik nya Mc Donalds.
  4. Biasanya web browser akan otomatis memunculkan halaman login hotspot nya. Jika tidak, buka web browser kemudian buka web apapun yang tidak menggunakan https. Misal buka detik.com.
  5. Setelah muncul Halaman Login Hotspot nya, perhatikan pada alamat domain atau ip address yang ada di address bar. Copy alamat pada address bar itu.
  6. Masuk ke httrack –> Klick Next –> Beri nama project pada Project Name –> Pilih direktori untuk menyimpan hasil download httrack nya pada kolom Base Path –> Next
  7. Pilih opsi ‘Download web site(s) pada Action –> Paste url yang sudah di-copy sebelumnya pada kolom Web Addresses (URL) –> Next –> Finish
  8. Jika URL yang Anda masukkan benar, httrack akan melakukan proses download semua file yang ada di direktori halaman login hotspot nya. Proses ini bisa memakan waktu lama jika file yang di-download banyak.
  9. Ketika proses sudah selesai klik Finish.
  10. Coba buka direktori tempat menyimpan hasil download httrack nya. Disana akan muncul file web yang membentuk halaman hotspot tersebut.
  11. Anda bisa membuka file html, css, atau js nya dengan notepad untuk melihat isi source code nya.
  12. File hasil bajakan nya bisa kita edit dan modifikasi untuk dipasang di Hotspot kita sendiri, hehe

Bagi Anda yang belum tau cara membuat dan mengedit halaman login Mikrotik, silakan baca artikel berikut ini :

  1. Cara Membuat Hotspot di Mikrotik : Seting dasar Hotspot Mikrotik
  2. Cara Mengganti Halaman Login Hotspot Mikrotik

Udah gitu doang kok. Gampang kan? Tapi perlu diingat bahwa aplikasi httrack ini tidak bisa digunakan untuk membajak website dinamis yang menggunakan pemrograman PHP, yang muncul hanya file html dan pendukung nya saja. Jadi deh di PHP-in sama httrack, wkwkwk :D.

Oke cukup sekian dulu Tutorial Cara Membajak Halaman Login Hotspot Mikrotik nya. Silakan dipraktekkan dan gunakan dengan bijaksana ya 😉